- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , » Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SMP Tahun 2016

Lomba Inovasi Pembelajaran (INOBEL) Guru SMP Tahun 2016


A. Pengertian

  1. Inovasi; Inovasi adalah penemuan hal-hal yang baru/ pembaharuan, atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya (gagasan, metode, atau alat). 
  2.  Pembelajaran; Pembelajaran adalah proses interaksi peserta didik dengan pendidik dan sumber belajar pada suatu lingkungan belajar. 
  3.  Inovasi Pembelajaran; Inovasi pembelajaran merupakan sebuah upaya pembaharuan terhadap berbagai komponen yang diperlukan dalam penyampaian materi pelajaran dan mampu memecahkan masalah pembelajaran, serta memiliki dampak positif dan manfaat berkelanjutan. 
  4.  Lomba Inovasi Pembelajaran; Lomba inovasi pembelajaran adalah kegiatan bagi guru SMP untuk berkompetisi pada tingkat nasional dalam penyusunan karya inovatif yang mampu memecahkan masalah proses pembelajaran untuk meningkatkan kualitas proses dan hasil belajar siswa.
B. Ruang Lingkup
Ruang lingkup kegiatan Lomba Inovasi Pembelajaran bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 berisi tentang pengalaman pembelajaran terbaik guru SMP yang merupakan hasil inovasi/hal-hal baru/pembaharuan dalam model, pendekatan, strategi, metode, dan media pembelajaran untuk meningkatkan mutu proses pembelajaran dan hasil belajar siswa. Hasil inovasi dituangkan dalam bentuk naskah yang didokumentasikan dalam bentuk hardcopy dan softcopy (CD/DVD/flashdisc).
Lomba Inovasi Pembelajaran ini dikelompokkan menjadi tiga bidang, yaitu:

  1. Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA). Untuk bidang ini menggunakan kode MIPA
  2.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS), Bahasa, PPKn, dan Muatan Lokal (Mulok). Untuk bidang ini menggunakan kode IPSB
  3.  Guru mata pelajaran yang melakukan inovasi di bidang Pendidikan Jasmani dan Kesehatan, Seni Budaya, Prakarya, Pendidikan Agama, dan Bimbingan Konseling (BK). Untuk bidang ini menggunakan kode SORAK.

C. Tema dan Isi Karya Lomba
Tema Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
“Inovasi Pembelajaran sebagai Upaya Mewujudkan Indonesia Pintar, Terampil, dan Berkarakter”
Adapun isi karya lomba inovasi pembelajaran mengacu pada kurikulum yang berlaku di sekolah terkait dengan pendekatan, metode, model, strategi, dan media pembelajaran.

D. Prinsip-prinsip Lomba
Prinsip-prinsip yang diterapkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 bersifat inovatif, edukatif, kompetitif, objektif, transparan, akuntabel, efektif, dan efisien.

  1. Inovatif: menghargai penemuan hal-hal yang baru/pembaharuan yang dilakukan oleh guru, atau penemuan baru yang berbeda dari yang sudah ada atau yang sudah dikenal sebelumnya; 
  2.  Orisinal: merupakan karya sendiri, bukan hasil dari plagiat; 
  3.  Edukatif: menumbuhkan sikap sportivitas, kebersamaan, dan saling menghargai keunggulan masing-masing karya yang dihasilkan; 
  4.  Kompetitif: membangun semangat dan daya saing antarguru SMP secara sehat; 
  5.  Objektif: penilaian didasarkan pada prosedur dan kriteria yang jelas tidak dipengaruhi subjektivitas penilai; 
  6.  Transparan: dapat diketahui oleh semua pihak yang berkepentingan dan dilaksanakan secara terbuka; 
  7.  Akuntabel: dapat dipertanggungjawabkan kepada semua pihak yang berkepentingan;
  8.  Efektif: pelaksanaan kegiatan sesuai dengan tujuan; 
  9. Efisien: ketepatan cara, waktu, tenaga dan biaya sesuai dengan yang direncanakan.

E. Ketentuan Lomba 

I. Persyaratan Peserta
Persyaratan peserta Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016:
a. memiliki Nomor Unik Pendidik dan Tenaga Kependidikan (NUPTK);
b. melampirkan surat tugas mengikuti lomba dari atasan langsung dan diketahui oleh dinas pendidikan kabupaten/kota sebagai tembusan;
c. melampirkan biodata sesuai dengan format terlampir;
d. memiliki kualifikasi akademik minimal Sarjana (S1) atau Diploma 4 (D-IV) dengan melampirkan fotokopi ijazah dan dilegalisasi oleh atasan;
e. melampirkan surat keterangan sehat dari dokter;
f. melampirkan surat pernyataan belum pernah menjadi peringkat satu, dua, dan tiga pada Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional pada tahun 2013, 2014, dan 2015 (lihat lampiran 3).
g. melampirkan surat pernyataan bahwa karya inovasi pembelajaran tersebut telah didiseminasikan pada teman sejawat yang diketahui oleh kepala sekolah.
h. tidak sedang tugas belajar yang dibiayai Pemerintah (lihat lampiran 3).

II. Persyaratan Karya
Karya yang diikutsertakan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran
a. bersifat individual,
b. satu karya,
c. orisinal,
d. telah diimplementasikan pada proses pembelajaran dan sudah ada hasilnya maksimal tiga tahun terakhir, dan
e. belum pernah diikutsertakan dalam lomba sejenis baik secara nasional maupun internasional.

Tiga persyaratan (c, d, dan e) tersebut dinyatakan dengan surat pernyataan dan ditandatangani yang bersangkutan di atas lembar bermeterai Rp 6000,00 (lihat lampiran 3).

III. Persyaratan Naskah
  1. Naskah diketik mengikuti teknik dan sistematika penulisan yang ditentukan dalam Pedoman Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016. 
  2. Karya inovasi pembelajaran yang dikirim berupa naskah atau dokumen tertulis dalam bentuk hardcopy dan softcopy dalam CD/DVD/flashdisk, serta melalui pos-el (e-mail) dengan alamat inobelsmp2016@gmail.com
 F. Seleksi dan Penilaian
1. Seleksi
Untuk Lomba Inovasi Pembelajaran Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016, teknik seleksi dilakukan melalui empat tahap, yaitu:
a. Tahap I
Pada tahap I dilakukan seleksi dengan cara menilai aspek-aspek: 6
1) Kelengkapan dokumen dan keaslian naskah, serta kesesuaian karya inovasi pembelajaran dengan pedoman merupakan persyaratan utama. Penilaian dilakukan oleh Direktorat Pembinaan Guru Pendidikan Dasar dengan menggunakan instrumen 1.
2) Kesesuaian jadwal pengiriman dokumen.
b. Tahap II
Pada tahap II dilakukan penilaian esensi karya inovasi pembelajaran oleh dewan juri.
Hasil dari Seleksi Tahap II memilih 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga bidang lomba) yang diundang ke tingkat nasional dengan menggunakan instrumen 2.
c. Tahap III,
Pada tahap III, peserta yang lolos seleksi tahap II sebanyak 34 peserta dari masing-masing bidang lomba (total 102 untuk tiga bidang lomba) melakukan pameran atau display karya inovasi pembelajarannya. Pada tahap III dilakukan penilaian tampilan karya inovasi pembelajaran yang dilakukan untuk menentukan 10 finalis dari tiap bidang lomba dengan menggunakan instrumen 3.
d. Tahap IV,
Sepuluh finalis dari setiap bidang lomba (total 30 finalis) mempresentasikan karyanya di depan forum terbuka yang dinilai oleh juri dengan menggunakan instrumen 4.

2. Penilaian
a. Aspek yang Dinilai
Karya inovasi pembelajaran akan dinilai berdasarkan aspek-aspek berikut.
1) Asli: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan merupakan hasil pemikiran/karya sendiri bukan plagiat.
2) Spesifik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki kekhususan yang menarik untuk diaplikasikan dalam pembelajaran.
3) Unik: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan memiliki nilai-nilai kekhususan dan keistimewaan tersendiri.
4) Inovatif: Karya inovasi yang dibuat mengandung unsur kebaruan.
5) Sistematis: tata urut karya inovasi pembelajaran yang diusulkan sesuai dengan ketentuan pada pedoman.
6) Aplikatif: karya inovasi pembelajaran diusulkan, mudah diterapkan, digunakan, dan dikembangkan oleh pengguna.
7) Inspiratif: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan mampu mengilhami pengguna untuk melakukan pembaharuan dalam pembelajaran;
8) Bermakna: karya inovasi pembelajaran yang diusulkan bermanfaat untuk mendukung peningkatan mutu pembelajaran.


Sistematika Penulisan Naskah

Penulisan naskah karya yang diikutkan dalam Lomba Inovasi Pembelajaran Bagi Guru SMP Tingkat Nasional Tahun 2016 harus menggunakan sistematika sebagai berikut.

SAMPUL NASKAH
HALAMAN JUDUL
SURAT PERNYATAAN
LEMBAR PENGESAHAN
KATA PENGANTAR
ABSTRAK
DAFTAR ISI
DAFTAR TABEL
DAFTAR GAMBAR/FOTO
DAFTAR LAMPIRAN
BAB I PENDAHULUAN
A. Latar Belakang
B. Rumusan Masalah
C. Tujuan
D. Manfaat

BAB II LANDASAN TEORI
Konsep/Teori yang Melandasi Karya Inovasi Pembelajaran

BAB III KARYA INOVASI PEMBELAJARAN
A. Ide Dasar
B. Rancangan Karya Inovasi Pembelajaran
C. Proses Penemuan/Pembaharuan
D. Aplikasi Praktis dalam Pembelajaran
E. Data Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
F. Analisis Hasil Aplikasi Praktis Inovasi Pembelajaran
G. Diseminasi

BAB IV PENUTUP
A. Simpulan
B. Saran

DAFTAR PUSTAKA
LAMPIRAN
 

Lebih lengkapnya silahkan Download Pedoman Lomba disini.


0 komentar:

Posting Komentar

Agenda Terbaru Bulan April-Mei 2017

1.Tanggal 17 - 18 April 2017; Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum Keagamaan Buddha di Jakarta 2. Tanggal 19 April 2017 Presentasi Pemilihan Guru Berprestasi Kabupaten Kendal Tahun 2017 3. Tanggal 24 April 2017; Orientasi Pengurus SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 4. Tanggal 27 April 2017; Bimtek Penyusunan Media Pembelajaran SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 5. Tangga 22 Mei 2017; Bimtek Multimedia Pembelajaran PAB Provinsi Jawa Timur tahun 2017. 6. Tanggal 29 - 31 Mei 2017 Narasumber/Instruktur Kurikulum SMP Provinsi Jawa Tengah di LPMP Jawa Tengah - Semarang
Instagram

Translate