- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -
Home » , , , » Bimtek Penyegaran Instruktur Kurikulum SMP - Region Surabaya

Bimtek Penyegaran Instruktur Kurikulum SMP - Region Surabaya

Suasana acara pembukaan Bimtek Penyegara Instrukktur Kurikulum SMP 2017

Salam kreati dan inovatif,
Setelah menyelesaikkan tugas di kota Pangkkalpinang, yaitu sharing pengalaman bagi teman-teman guru Pendidikan Agama Buddha se Provinsi Bangka Belitung dalam kegiatan Orientasi Guru Pendidikan Agama Buddha Provinsi Bangka Belitung Tahun 2017, pagi hari, Rabu 08 Maret 2017 pukul 06.30 wib aku kembali menuju bandara Depati Amir, Pagkalpinang untuk melanjutkan pejaralan menuju Kota Surabaya, Jawa Timur.

Gerbang Bandara Depati Amir Pangkalpinang di pagi hari

Penampakan gedung terminal Bandara Depati Amir

Jalur pintu masuk Bandara Depati Amir

Pintu Keberangkatan Bandara Depati Amir
Berangkat dari bandara Depati Amir sekitar pukul 07.30 wib, penerbangan menggunakan pesawat Lion Air, kkali ini rute yang aku tempuh adalah Pangkalpinang - Batam - Surabaya. Perjalanan yang aku tempuh dari Pangkalpinang menuju Batam -+ 1 jam, sedangkan Batam - Surabaya -+ 2 jam. Setelah menempuh perjalanan yang lumayan panjang, akhirnya sampai juga di Surabaya, Bandara Juanda di Sidoarjo. Kemudian perjalanan akku lanjutkan dengan naikk taxi menuju tempat kegiatan, Hotel Singgasana.

Tiba di Hotel Singgasana sekitar pukul 12.00 wib, langsung melakukan registrasi peserta Bimtek dilanjutkan makkan siang dan istirahat di kamar untuk selanjutnya mengikuti upacara pembukaan sekitar pukul 14.30 wib.
Yang paling luar biasa disini adalah jarak antara kamar dan tempat kegiatan yang cukup jauh dan arus jalan kaki, bisa aku tempuh 10-15 menit, Wow,, jauh kan,,,, namun walau bagaimanapun ya tetep harus di nikmati.

Bapak Dr. Arie Budiman, M.Si menyampaikan materi Penguatan Pendidikan Karakter



Acara hari pertama, cukup mantab pokkoknya. Selain nara sumber yang memang ahli dibidangnya, kegiatan berlangsung sampai malam yaitu pukul 22.30. Walau badan masih terasa capek, stelah kembali ke kamar pun tak bisa langsung memejamkan mata, sempat ngobrol sebentar dengan teman sekamarku yaitu mas Rukaman, instrutur dari Yogyakarta. 
Memasuuki hari kedua, kegiatan sudah langsung fokus pada bimbingan mapel dengan fasiklitator dari mapel masing masing, untuk mapelk Pendidikan Agama Buddha sebagai fasilitator adalah bapakk Nurwito, S.Ag, M.Pd. Bekliau merupakan pengawas Pendidikan Agama Buddha dari provinsi DKI Jakarta. 

Suasana kegiatan di kelas Pendidikan Agama Buddha

Suasana kegiatan di kelas Pendidikan Agama Buddha

Suasana kegiatan di kelas Pendidikan Agama Buddha

Foto bersama fasilitator Litersi, ibu Pratiwi Retnaningdyah, Ph.D (berjilbab) dari FBS UNESA Surabaya
dan Bapak Nurwito, S.Ag, M.Pd

Foto bersama fasilitator Bapak Nurwito, S.Ag, M.Pd

Foto bersama fasilitator Bapak Nurwito, S.Ag, M.Pd sesaat sebelum upacara penutupan
Dihari ketiga, dalam kegiatan praktik pembelajaran, dilaksanakan kegiatan shooting sebagai bentuk praktik pembelajaran berbasis proyek. Dalam kegiatan ini berperan sebagai guru adalah bapak Rukaman, S.Ag, M.Pd.B dari provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta dan semua peserta menjadi siswa dan siswinya.

Pak Nuryanto, dari Provinsi Jawa Timur berperan sebagai seorang pemancing

Pak Widi berperan sebagai kameramen




Kegiatan yang berlangsung selama 4 hari tersebut benar benar menjadi penyegaran bagi para instruktur kurikulum nasional untuk selanjutnya berkewajiban mentransfer ilmunya kepada para inrstruktur kabupaten dan para guru sasaran di kegiatan berikutnya.

Untuk para peserta dari tim mapel Pendidikan Agama Buddha di ikuti oleh 10 orang peserta dari 7 provinsi antara lain :
  1. Rukaman, S.Ag, M.Pd.B dari Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta;
  2. Widi Astiyono, S.Ag dari Provinsi Jawa Tengah;
  3. Bawon Nurhayati, S.Pd.B dari Provinsi Jawa Timur;
  4. Nuryanto, S.Ag dari Provinsi Jawa Timur;
  5. Sunarto, S.Ag dari Provinsi Jawa Timur;
  6. Damayanti, S.Ag dari Provinsi Bali;
  7. Ngaja, S.Ag dari Provinsi Kalimantan Timur;
  8. Kiswanto, S.Ag  Provinsi Kalimantan Timur;
  9. Paulus, S.Ag dari Provinsi Kalimantan Selatan, dan;
  10. Purnawadi, S.Ag dari Provinsi Nusa Tenggara Barat.
Hari terakhir kegiatan, Sabtu 11 Maret 2017, merupakan hari yang dinanti oleh para peserta untuk segera kembali ke kampung halaman masing-masing. Namun tidak bagiku, karena masih harus melaksanakkan tugas lagi yaitu memberi motivasi bagi anak-anak siswa Sekolah Minggu Buddha se Provinsi Bangka Belitung di Pangkalpinang.

Dan perjalanan selanjutnya aku kembali ke bandara Juanda menuju ke Pangkalpinang.



0 komentar:

Posting Komentar

Agenda Terbaru Bulan April-Mei 2017

1.Tanggal 17 - 18 April 2017; Pelatihan Instruktur Nasional Kurikulum Keagamaan Buddha di Jakarta 2. Tanggal 19 April 2017 Presentasi Pemilihan Guru Berprestasi Kabupaten Kendal Tahun 2017 3. Tanggal 24 April 2017; Orientasi Pengurus SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 4. Tanggal 27 April 2017; Bimtek Penyusunan Media Pembelajaran SMB Provinsi Bangka Belitung di Pangkal Pinang. 5. Tangga 22 Mei 2017; Bimtek Multimedia Pembelajaran PAB Provinsi Jawa Timur tahun 2017. 6. Tanggal 29 - 31 Mei 2017 Narasumber/Instruktur Kurikulum SMP Provinsi Jawa Tengah di LPMP Jawa Tengah - Semarang
Instagram

Translate