- Mari Terus Berkarya, Berkreasi dan Berinovasi -

Video Profile Kang Widi

Home » » Cerita Kang Widi menjadi Inspiratif

Cerita Kang Widi menjadi Inspiratif

 


Cerita Kang Widi

Semua berawal dari mimpi, ungkapan itu yang sering kita dengar. Berawal dari mimpi untuk meraih prestasi adalah bukan hal yang tidak mungkin, setiap insan pendidik pasti bisa meraihnya.

Banyak yang bertanya kepada saya, apa tipsnya agar bisa menjadi guru berprestasi?

Yang saya lakukan adalah selalu konsisten dalam berinovasi, berkreasi dan berkarya. Berbagi dan menginspirasi, melakukan aksi nyata secara berkelanjutan. Berkarya tidak hanya ketika ada even tertentu, namun berkarya menjadi bagian dari kebiasaan dan target program kinerja sebagai seorang guru, tanpa menunggu perintah atau penugasan.

Memiliki kesadaran diri bahwa penting untuk selalu mengupgrade wawasan, pengetahuan dan kompetensi diri seiring kemajuan jaman. Menyadari bahwa guru merupakan ujung tombak pendidikan yang hendaknya selalu sadar akan pentingnya peningkatan kompetensi untuk kualitas pendidikan.

Apresiasi Cerdas Berkarakter

Apresiasi Cerdas Berkarakter Tahun 2022 merupakan sebuah kejutan bagi saya, karena sama sekali tidak tahu dan tidak menduga ada apresiasi ini dan bahkan menerimanya. 

Apresiasi ini menjadi yang ketiga berturut-turut yang saya terima sejak tahun 2020. Tentu menjadi motivasi tersendiri bagi saya. Apresiasi ini menjadi anugerah yang luar biasa bagi saya sekaligus menjadi tanggung jawab yang besar untuk tetap konsisten dalam melaksanakan program penguatan karakter Profil Pelajar Pancasila. 

Berdasarkan narasi yang dibacakan host saat acara puncak penerimaan apresiasi ini, untuk kategori Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter dipilih berkat konsistensi dalam melakukan aksi nyata gerakan penguatan karakter terkait Profil Pelajar Pancasila, pencegahan dan penanggulangan perundungan, kekerasan seksual dan intoleransi serta menciptakan iklim inklusivitas dan kebhinekaan.

Adalapun aksi nyata yang sala lakukan dianaranya adalah mengkampanyekan pencegahan perundungan melalui pembuatan film pendek, menumbuhkan kesadaran 5 S; yaitu Senyum, Salam, Sapa, Sopan, Santun kepada peserta didik yang dilaksanakan setiap hari di sekolah. Juga secara berkala melaksanakan sosialisasi Program Penguatan Karakter Profil Pelajar Pancasila melalui media sosial dengan membuat Twibbonze, Poster dan FIlm Pendek, serta melaksanakan sosialisasi tentang penguatan karakter dalam setiap kesempatan sesi berbagi inspirasi kepada rekan sejawat maupun peserta didik.

Prestasi dan Penghargaan Tingkat Nasional

  • Menerima Anugerah ASN KemenPAN RB Tahun 2018 Kategori 52 Terbaik PNS Inspiratif ;

  • Menerima Anugerah ASN KemenPAN RB Tahun 2019 Kategori 40 Nominator Terbaik PNS Inspiratif ;

  • Menerima Anugerah Guru Indonesia Kategori Founder Kanal Pelatihan dari IGI Tahun 2019;

  • Finalis lomba film pendek Moderasi Beragama Tingkat Nasional tahun 2019;

  • Menerima Apresiasi sebagai 5 Terbaik Guru SDN Inspiratif GTK Dikdas Kemdikbudristek Tahun 2020;

  • Menerima Anugerah ASN KemenPAN RB Kategori 6 Terbaik ASN Inspiratis Tahun 2021; dan

  • Menerima Apresiasi Cerdas Berkarakter Kategori Sosok Inspiratif Cerdas Berkarakter dari Pusat Penguatan Karakter (PUSPEKA) Kemdikbudristek RI Tahun 2022.





0 komentar:

Posting Komentar

Subscribe my channel

52 Terbaik PNS Inspiratif 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018

Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018
Bersama Bupati Kendal Ibu dr. Mirna Annisa, M.Si. Menerima Anugerah Bupati Kendal Award 2018 Kategori Pegiat Pendidikan

Pesan Buku: Klik Gambar

Pesan Buku: Klik Gambar
Buku layak baca: Pengembangan Potensi Diri Menurut Agama Buddha
Instagram

Translate